Piala Dunia U-17: Selangkah Lagi Nigeria juara..

Nigeria u-17Tim muda Nigeria memiliki peluang besar mengulang sukses mempertahankan gelar juara di Piala Dunia U-17. Kesempatan ini terbuka setelah Nigeria sukses lolos ke final dengan mengalahkan Spanyol 3-1 di Stadion Teslim Balogun, Jumat (13/11) dinihari WIB.

Bagi Nigeria, mengalahkan Spanyol di kompetisi ini, mengulang sukses dua tahun lalu saat mengalahkan La Roja di final pada 2007 di Seoul, Korea.

Di final, Nigeria akan bertemu dengan tim debutan Swiss yang sukses mengalahkan Kolombia di laga semi final lainnya.

Dalam laga ini, Nigeria mendapatkan perlawanan keras dari tim muda Spanyol. Sehingga baru menit ke-30, The Golden Eaglets mencetak gol lewat Stanley Okoro dengan tendangan kerasnya dari jarak tujuh meter.

Namun striker Sani Emmanuel yang menentukan kemenangan Nigeria dengan golnya menit ke-61 dan 71. Sedangkan gol Spanyol dari Borja Gonzales menit ke-83.

Babak pertama, kombinasi serangan Okoro dengan Egbedi menit ke-15 langsung membahayakan gawang Spanyol. Beruntung kiper Spanyol dapat menyelamatkan.

Serangan bertubi-tubi juga datang beberapa menit kemudian dari Mohammed Aliyu dan Okoro, namun selalu sukses dipatahkan Edgar.

Spanyol juga tak tinggal diam. Mereka berusaha membalas serangan namun kiper Dami Paul dua kali melakukan aksi penyelamatan.

Akhirnya, Nigeria memecah kebuntuan lewat Okora menit ke-30. Gol ini bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, Jordi Amat melakukan aksi menit ke-47 memanfaatkan tendangan pojok. Namun Paul lebih siap menjaga gawangnya. Paul kembali melakukan penyelamatan menit ke-59 ketika Isco melakukan tendangan bebas.

Di saat ingin menyamakan kedudukan, dua menit berselang Spanyol dikejutkan gol kedua Nigeria. Umpan panjang Oliha, dimanfaatkan Emmanuel yang sudah berdiri bebas.  Hanya butuh waktu 10 menit, Emmanuel menambah keungggulan Nigeria.

Spanyol hanya dapat membalas lewat Borja menit ke-83. Satu gol ini tak bertambah, sehingga Nigeria dipastikan lolos.

Sebelumnya, di laga semi final lainnya Swiss menaklukkan Kolombia 4-0. Empat gol ini dicetak Nassim Ben Khalifa (14), Haris Seferovic (36), Bruno Martignoni (50), dan Ricardo Rodriguez (68).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s