Pemain terbaik asia 2009

Pemain Jepang Yasuhito Endo terpilih sebagai Pemain Terbaik Asia. Gelandang Gamba Osaka ini menyisihkan rivalnya Kengo Nakamura (Kawasaki Frontale/Jepang), Sayed Mohamed Adnan (Al Khor/Bahrain), Hadi Aghily (Sepahan/Iran) dan kapten Siria Firas Al Khatib (Al Qadsia).

Endo terpilih sebagai yang terbaik setelah meraih nilai tertinggi berdasarkan pertandingan yang dilaksanakan AFC sepanjang musim 2009. Pertandingan tersebut mencakup Liga Champions Asia, Piala Asia, kualifikasi Piala Dunia dan turnamen lain.

“Saya merasa terhormat dengan memenangkan penghargaan ini. Tahun lalu, saya juga masuk nominasi. Tapi, saya gagal memenangkannya,” kata Endo yang termasuk sebagai salah satu nominasi pada 2008. Namun, ia dikalahkan oleh Server Djeparov dari Uzbekistan.

“Saya senang bisa memenangkannya. Saya berharap bisa menjadi contoh bagi pemain muda Asia lainnya dan menumbuhkan harapan yang lain di sepakbola Asia,” lanjut pemain berusia 29 yang sudah 80 kali membela Jepang ini.

Korea Selatan menunjukkan dominasinya dengan menyabet empat penghargaan. Pelatih timnas Hu Jung Moo terpilih sebagai pelatih terbaik. Sementara, klub Ponhang Steelers terpilih sebagai klub terbaik.

Penghargaan lainnya adalah tim nasional terbaik dan pemain muda terbaik yang direbut Ki Sung-yueng.(GC)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s