Sejarah bola kaki(bola sepak)…

Bola sepak dulunya didesain seperti bola basket saat ini. Ada pun permainan bola basket, awalnya diperkenalkan oleh James Naismith dengan menggunakan bola sepak.

Charles Goodyear yang mematenkan bola sepak dengan desain mirip bola basket di tahun 1836. Pertama kali dibuat, bentuknya tidak bola seperti sekarang ini, namun lebih menyerupai bola yang tidak sepenuhnya berbentuk bulat, sehingga larinya bola sulit ditebak.

Baru di tahun 1855 dilakukan berbagai macam penyesuaian oleh Goodyear, termasuk dengan bahannya, yaitu menggunakan bahan karet vulkanisir. Desain bola pertama kalinya disusun seperti halnya bola basket, di mana setiap panel dilem dan digabungkan satu sama lain.

Bola tersebut kemudian digunakan pada laga antara Oneida Football Club dan tim yang dibentuk dari sekelompok pelajar Boston Latin dan Boston English Schools. Bola tersebut kemudian didonasikan oleh keluarga Gerritt Smith-Miller ke Lembaga Masyarakat untuk Pemeliharan barang-barang Antik New England di tahun 1925. National Soccer Hall of Fame mendapat pinjaman untuk memamerkan bola ini.

Yang menarik untuk dicatat adalah, penggagas olahraga bola basket, James Naismith, mengembangkan olahraga tersebut dan memainkannya untuk kali pertama dengan sebuah bola sepak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s