Liverpool tembus “big five”

Javier Mascherano dan Dirk Kuyt menjadi bintang kemenangan Liverpool dalam derby Merseyside di Goodison Park di kompetisi Liga Primer Inggris, Minggu (29/11). Sebaliknya, kesalahan yang dilakukan bek Joseph Yobo menjadikan Mascerano dan Kuyt membobol gawang Everton sekaligus mengantarkan The Reds unggul 2-0.

Kesalahan Yobo dan dua gol tuan rumah yang dianulir mewarnai kekalahan Everton yang mengakibatkan mereka makin terpuruk. Nyanyian suporter Liverpool, ‘going down, going down’ di akhir pertandingan seolah menjadi sinyal nasib The Toffees yang terancam turun kasta.

Everton sesungguhnya melakukan awal yang bagus dan menguasai jalannya pertandingan. Namun, Liverpool justru berhasil memanfaatkan kesalahan pemain tuan rumah dan mencetak gol pertama pada menit ke-12 akibat gol bunuh diri Yobo.

Berawal dari tendangan jarak jauh Mascherano yang seharusnya melebar. Namun, bola justru mengenai kaki Yobo sehingga berubah arah menuju gawang sendiri tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Tim Howard.

Tertinggal satu gol sesungguhnya tak menyurutkan semangat pemain Everton. Mereka berusaha menekan Liverpool dan berharap bisa menyamakan kedudukan.

Tuan rumah mendapat peluang melalui Steven Pienaar pada menit ke-24. Namun, ia gagal memanfaatkannya. Sebelumnya, sundulan Marouane Fellanini juga tak membuahkan hasil.

Everton berhasil menyamakan kedudukan melalui Jo pada menit ke-34. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena dalam posisi offside.

Pada menit-menit terakhir menjelang babak pertama usai, Liverpool melakukan tekanan terhadap pertahanan Everton. Serangan tim tamu masih bisa digagalkan oleh Howard.

Jo kembali membobol gawang Liverpool. Namun, lagi-lagi untuk kedua kalinya, gol Jo dianulir.

Memasuki babak kedua, Everton meningkatkan serangannya. Situasi itu membuat kiper Pepe Reina bekerja keras untuk mengamankan gawangnya. Penampilan gemilang kiper asal Spanyol ini juga turut berperan mengantarkan The Reds meraih kemenangan.

Everton mendapat peluang melalui Pienaar pada menit ke-59. Namun, peluang tersebut juga tak bisa dimanfaatkan.

Selanjutnya, sundulan Tim Cahill masih bisa diblok oleh Reina. Hanya, bola itu jatuh di dekat Fellani yang berpeluang menyarangkannya ke gawang. Lagi-lagi, Reina melakukan penyelamatan gemilang dan mementahkan peluang bagus Everton.

Gagal membobol gawang Liverpool membuat pemain Everton mulai frustrasi. Dalam situasi tersebut, Kuyt berhasil menambah gol bagi Liverpool pada menit ke-80.

Gol itu berawal dari kesalahan Yobo yang kehilangan bola dan jatuh di dekat Albert Riera. Tendangan Riera memang masih bisa diselamatkan. Namun, bola rebound itu langsung disambut oleh Kuyt.

Saat pertandingan hampir berakhir, Liverpool tetap mampu menciptakan peluang melalui Yossi Benayoun dan Riera. Namun, serangan mereka digagalkan Reina dan kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan Liverpool.(GC)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s