Catatan tersisa dari duel “El Clasico”

Bukan rahasia bila pelatih Pep Guardiola memberi kepercayaan penuh kepada alumni La Masia, akademi sepakbola Barcelona. Bahkan meski menghadapi El Clasico melawan Real Madrid yang berbalutkan emosi dan tensi tinggi, Guardiola tetap mengandalkan pasukan La Masia.

Dalam El Clasico di Nou Camp, Minggu (29/11), alumni La Masia tetap menjadi pilar kekuatan Blaugrana. Tercatat tujuh pemain dari akademi, termasuk Gerard Pique dan Sergi Busquets tampil sebagai pemain pertama.

Bersama alumni lain seperti kiper Víctor Valdes, Carles Puyol, Xavi, Andres Iniesta dan Lionel Messi, mereka bertarung menghadapi para pemain mahal Madrid seperti Cristiano Ronaldo, Kaka, Xabi Alonso dan Raul Albiol.

Kontras dengan tuan rumah, Madrid lebih mengandalkan legiun asing yang dibeli dengan dana besar. Hanya, uang tidak menjadi jaminan memberi kemenangan.

Madrid kembali kehilangan tahta klasemen Primera Liga Spanyol setelah dipaksa menyerah 1-0 melalui gol Zlatan Ibrahimovic.

Pasukan La Masia memang tidak mencetak gol dalam El Clasico. Namun, mereka memberi kontribusi banyak gol musim ini. Dari 30 gol yang disarangkan Barca di kompetisi, 13 di antaranya dilakukan oleh para alumni. Lionel Messi menjadi yang tertinggi dengan mencetak tujuh gol.

Disusul Pedro yang mencetak tiga gol. Pedro bersama alumni lain, Jeffren Suarez, Bojan Krkic dan Fontas juga sudah pernah dimainkan Guardiola.(rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s