Suporter PSM minta Hanafing diganti

Kekalahan empat gol tanpa balas PSM Makassar dari Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Rabu 16 Desember 2009, memicu kemarahan suporter Juku Eja. Mereka menuding hasil minor PSM tak lepas dari kegagalan Hanafing menata skuadnya.

“Hanafing tak pantas menangani tim sebesar PSM. Dia lebih mementingkan egonya daripada rasionya. Lebih baik dia diganti sebelum PSM terpuruk terlalu jauh,” tegas Karaeng Iskandar, pentolan suporter Hasanuddin kepada GOSport, Kamis pagi, 17 Desember 2009.

Ia merujuk keputusan Hanafing yang memarkir dua legiun asing, Daniel Baroni dan Daryoush Ayyoubi dengan alasan tak bisa beradaptasi dengan tim. “Bagaimana mau adaptasi kalau mereka jarang dimainkan penuh. Ironisnya lagi, keduanya hanya diberi kesempatan dalam lima pertandingan,” paparnya.

Parahnya lagi, dalam berbagai kesempatan Hanafing selalu mengumbar kelemahan keduanya di media lokal Makassar.

“Sebagai pelatih yang baik, seharusnya Hanafing mengajak bicara mereka dari hati ke hati. Alhasil, terkesan ada kubu-kubuan antar pemain,” ujarnya.

Faktor Bahasa

Karaeng curiga Hanafing tak melakukannya karena faktor bahasa. “Ini cuma analisa saya. Karena Hanafing pernah bilang di media massa ia lebih mengutamakan pemain yang bisa berbahasa Indonesia,” katanya.

Hal senada dikatakan Udin, pemilik klub amatir FC Barca yang kerap jadi lawan latih PSM. “Saya tak habis pikir apa maunya Hanafing. Seharusnya, ia memainkan keduanya karena PSM membayar mahal mereka. Daryoush misalnya, saya dengar ia pernah membela Esteghlal di Liga Champions Asia. Dengan tinggi 194 cm, lawan tentu agak keder melihat posturnya,” paparnya.

Tonny Ho, mantan pemain dan pelatih PSM membenarkan komentar Udin. Tony mengaku bertanya langsung ke dua bek asing Persipura, Victor Igbonefo dan Bio Paulin usai PSM menjamu Persipura awal musim ini.

“Keduanya mengaku aksi Daryoush kerap menyulitkan mereka. Mereka baru merasa aman setelah Hanafing menariknya keluar. Jadi siapa yang salah,” paparnya.

Hal senada dikatakan Don Bosco, pengamat sepakbola Sulsel. “Saya tak mengerti apa di benak Hanafing. Dia selalu menuding pemain tak becus saat timnya kalah. Padahal kalau menurut saya, kekalahan PSM tak lepas dari kegagalannya mempersiapkan timnya,” ujarnya.

Malah menurut Bosco, Hanafing kerap menutupi ‘kelemahannya’ itu dengan menuding pihak lain. “Selain pemain, ia secara tak langsung menunjuk manajemen lama yang punya andil keterpurukan PSM. Padahal, sejak awal ia sudah aktif menangani tim. Saya juga lihat, ia terlalu obral bicara di media,” katanya.

Ia mengambil contoh kegagalan PSM memakai jasa Hendra Ridwan (sekarang di Persipura), Zulkilfi (Arema) dan M Ilham (Persija) tak lepas dari komentar Hanafing di media massa. “Sebaliknya ada sejumlah pemain baru yang ia garansi bagus seperti Yudi Kenci, Ghufran dan Arifin, faktanya tak memberi kontribusi berarti buat tim. Dia terlalu ‘sibuk’ mengerdilkan Daryoush dan Baroni,” katanya.

Sejak ‘berkuasa penuh’ memegang tim tanpa didampingi Kadir Halid yang sudah mundur dari manajer, prestasi PSM bersama Hanafing memang melorot tajam. Dari lima partai tandang, PSM kebobolan 13 gol tanpa memasukkan satu gol pun.

Di sisi lain, PSM gagal memaksimalkan partai kandangnya. Manajemen PSM sendiri terkesan masih ‘melindungi’ Hanafing.

“Kami terima semua masukan. Yang pasti kami akan melakukan evaluasi,” tandas Faisal Maming, Asisten Manajer PSM bidang umum yang belakangan komentarnya paling banyak muncul di media usai mundurnya Kadir.

HASIL HANAFING BERSAMA KADIR
vs Sriwijaya 1-1 (kandang)
vs Persib 2-1 (kandang)
vs Persipura 1-1 (kandang)

HASIL HANAFING TANPA KADIR
vs Persiwa 0-3 (tandang)
vs PSPS 1-2 (kandang)
vs Persija 2-1 (kandang)
vs Persisam 0-1 (tandang)
vs Bontang FC 0-3 (tandang)
vs Pelita 0-0 (kandang)
vs Persitara 2-1 (kandang)
vs Persebaya 0-2 (tandang)
vs Persik 0-4 (tandang)                   Abdi Satria/GOSport

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s