PSM siap memakai pemain dari luar SulSel guna menyelamatkan tim

MAKASSAR — Manajemen PSM akhirnya meninggalkan pakem penggunaan 100 persen pemain lokal di skuad PSM. Jelang transfer window, pengelola membuka keran selebar-lebarnya untuk pemain asal daerah lain.

“Pakem pemain lokal kita tinggalkan. PSM akan memburu pemain daerah lain yang kualitasnya di atas rata-rata. Ini demi menyelamatkan PSM agar jangan terancam degradasi,” jelas juru bicara PSM, Nurmal Idrus, di arena konferensi pers, Selasa, 22 Desember di Kafe Layar.

Lima musim sejak kepemimpinan Ketua Umum PSM, Ilham Arief Sirajuddin PSM selalu mengutamakan pemain asal Sulsel. “PSM akhirnya menjadi sulit menemukan pemain berkualitas dengan pakem pemain lokal,” ujar Nurmal.

“Lima musim sudah cukup. Kita telah banyak mengorbitkan pemain yang berkiprah di klub lain. Target itu sudah tercapai,” tambahnya. Beberapa nama langsung masuk daftar buruan. Antara lain Usep Munandar (Persisam Samarinda), Octavianus Maniani (Pro Duta Bandung), dan Zaenal Arif (Persisam). Sedangkan di barisan asing; Nyek Nyobe dan Osvaldo Moreno paling diprioritaskan.

Keputusan pengelola ini tidaklah mengejutkan. Maklum, musim lalu, PSM telah memakai pemain luar asal Balikpapan, Frenky Irawan. Kiper timnas U-23 ini tak memiliki akar kuat sebagai orang Sulsel, karena dibesarkan di Persiba Balikpapan.

Musim ini pelatih Hanafing malah sudah lebih dulu melabrak misi pengurus. Dua pemain berasal dari luar Sulsel adalah; Yudi Kenci asal Sultra dan Gufran Lakahia, Gorontalo. Kebijakan ini disambut positif mantan asisten pelatih PSM, Tony Ho.

“Dengan dibukanya kebebasan merekrut pemain akan memudahkan pelatih mencari pemain berbakat dan berkualitas. Dengan pakem pembinaan lokal akan mengerdilkan PSM, karena sejak era perserikatan PSM selalu dihuni berbagai etnis. Ada Ambon, Tionghoa, Sangir, dan Papua. Untunglah kebijakan ini cepat dihapus,” ungkapnya. (aci/Fjr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s