Gol di masa injury time menangkan The Reds

Sebuah gol tunggal di masa perpanjangan waktu dari Fernando Torres berhasil memberikan Liverpool tambahan tiga angka dari hasil laga tandang ke markas Aston Villa di Villa Park, Rabu (30/1) dinihari.

Buat Liverpool, kemenangan ini membuka peluangnya untuk terus mendekati posisi empat besar yang menjadi kunci untuk tampil ke zona Liga Champions musim mendatang. Liverpool yang sebelumnya berada di urutan kedelapan, dengan tambahan tiga angka kini berhasil naik satu peringkat menggeser Birmingham City.

Sebaliknya, kekalahan Aston Villa yang dialami di hadapan publiknya sendiri membuatnya gagal menggeser posisi Tottenham Hotspur yang kini nangkring di zona kualifikasi Liga Champions. Villa kini masih tetap tertahan diperingkat lima dengan koleksi 35 angka atau hanya terpaut dua angka di belakang Spurs.

Pertandingan yang ditemani dengan turunnya salju berlangsung cukup menarik sejak awal. Villa yang didukung oleh penonton tuan rumah mencoba mengambil insiatif menyerang lebih awal.

Sebuah kesempatan pembuka didapat oleh Stilian Petrov yang bergerak dari sayap kanan sewaktu pertandingan baru berjalan dua menit. Namun kesempatan tersebut masih belum bisa membuahkan hasil. Setelah aksi pembuka dari Petrov, aksi saling menyerang langsung diperagakan oleh kedua tim.

Menit kelima pergerakan Steven Gerrard ke jantung pertahanan lawan sempat membuat panik barisan pertahan Villa. Namun aksi Gerrard tersebut masih bisa dihalau dengan baik oleh lini belakang Villa.

Liverpool sempat memberikan lagi tekanan hingga 15 menit kemudian. Sejumlah kesempatan sempat didapat oleh Lucas, Fernando Torres maupun Steven Gerrard yang semuanya masih belum tetap membuahkan hasil.

Memasuki pertengahan babak pertama, pemain gelandang James Milner melepaskan tendangan terarah dari luar kotak penalti Liverpool. Tetapi penempatan posisi yang pas dari penjaga gawang Pepe Reina membuat Villa belum bisa memecahkan kebuntuan serangannya.

Empat menit berselang, Villa kembali lagi mengancam. Sayangnya aksi akrobatik tendangan salto dari Petrov di menit ke-28 juga masih belum bisa terarah dengan baik. Di menit ke-30 pemain gelandang Villa Stewart Downing juga membuang kesempatannya untuk mencetak gol. Sebuah tendangan sudut dari Milner yang disambut dengan sebuah tendangan voli oleh Downing ternyata masih mampu dihalau oleh Reina.

Kesempatan yang sama juga didapat oleh The Reds di antaranya lewat Jammie Carragher di menit ke-32 serta sundulan kepala dari Torres pada menit ke-35 yang juga masih bisa diselamatkan oleh kiper Brad Freidel. Hingga akhir babak pertama, kesempatan yang dibuat kedua tim tetap tidak ada yang bisa membuahkan hasil.

Di awal babak kedua, tempo pertandingan sempat menurun. Di menit ke-60, Agbonlahor mengawali ancaman ke lini belakang Liverpool. Tapi tendangan bebasnya yang mengarah kepada Milner juga masih belum dapat memecahkan ketatnya barisan pertahanan Liverpool yang digalang oleh Jamie Carragher cs. Sembilan menit berselang, Agbonlahor kembali lagi membuat ancaman, namun Reina masih bisa menyelamatkan gawangnya.

Hingga sepuluh menit awal babak kedua, Villa terlihat lebih mendomasinya, tetapi sayangnya tetap saja tak ada satupun usaha yang bisa membuahkan hasil.

Sementara memasuki penghujung pertandingan Liverpool berhasil memanfaatkan sebuah kesalahan fatal yang dilakukan oleh pemain belakang Villa Stephen Warnock. Bola yang secara kebetulan mengarah kepada Torres langsung dimanfaatkannya menjadi sebuah gol. (GC/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s