Tanpa 4 pilar,Ghana tetap target juara Piala Afrika 2010

Milovan Rajevac, pelatih tim nasional Ghana, menghadapi krisis cedera pemain cukup serius menjelang kick off Piala Afrika di Angola, 10 Januari.

Kapten Stephen Appiah (Bologna), John Mensah (Sunderland), John Paintsil (Fulham), dan Laryea Kingston (Hearts), dipastikan absen. Kabar ini merupakan pukulan serius bagi upaya Black Stars memenangkan Piala Afrika kali kelima.

Meski demikian Rajevac optimistis Ghana cukup kompetitif, dan dirinya menjadi pelatih asing pertama yang memenangkan Piala Afrika untuk negara di sebelah barat Afrika.

“Saya tahu belum satu pun pelatih asing yang memenangkan kompetisi ini, dan saya ingin menjadi yang pertama meraih gelar ini. Saya rasa itu mungkin,” ujar Rajevac kepada wartawan sebelum Ghana meninggalkan Accra.

Ghana akan menuju Nelspruit, Afrika Selatan, untuk memulai latihan pra-turnamen.

Otto Pfister, pelatih asal Jerman, nyaris menjadi pelatih asing pertama yang meraih trofi Piala Afrika dengan Ghana di tahun 1992. Pfister membawa Ghana mencapai final Piala Afrika di Senegal, tapi dikalahkan Pantai Gading lewat adu penalti di partai puncak.

Di bawah Claude LeRoy, Ghana hanya sempat mencapai posisi ketiga saat menjadi tuan rumah di tahun 2008.

Ghana kemungkinan tidak akan bisa memainkan Michael Essien, yang cedera saat Chelsea menghadapi APOEL Nicosia di Liga Champions, awal Desember. Tidak ada kabar cedera Essien membaik sampai rekan-rekan mereka bertolak ke Afrika Selatan.

Rajevac mengatasi persoalan ini dengan memasukan delapan pemain U20 yang menjuarai Kejuaraan Dunia U20 di Mesir, tahun lalu.

“Pelatih membawa semua pemain berbakat yang telah memperlihatkan kualitasnya. Kami harus konsentrasi mempersiapkan diri, dengan dengan apa yang kami miliki,” ujar Eric Addo, pemain yang merumput bersama Roda JC Kerkrade, di situs resmi Asosiasi Sepakbola Ghana.

Fred Pappoe, wakil presiden Ghana FA, optimistis timnya bisa melakukan yang terbaik di Angola. Menurutnya, yang bisa dilakukan timnya saat ini adalah tidak membicarakan pemain cedera, tapi mereka yang siap bermain.

“Kita tidak harus melulu memperhatikan sisi gelap kehidupan ini. Itu tidak akan membuat kita opstimistis,” ujarnya kepada stasiun televisi lokal.

Ghana juga tidak akan diperkuat Sulley Ali Muntari, gelandang Inter Milan yang didepak Rajevac karena tidak disiplin.

Di jalan-jalan di Accra, publik sepakbola Ghana pesimistis tim nasional mereka bisa bersaing di Angola. Mereka ragu pemain muda Ghana bisa berkiprah di level tertinggi.

“Kami mungkin hanya mengharapkan keberuntungan,” ujar seorang warga di pinggiran Accra.

Black Stars berada di Grup B bersama Pantai Gading, Burkina Faso, dan Togo. Semuanya negara Afrika barat. (GC/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s