Derby klasik Juve versus Milan

Turin Laga sarat gengsi akan dihadirkan oleh Juventus kontra Milan, Minggu (10/1/10). Kedua klub termasuk tim yang sering meraih gelar. Juve sudah mengkoleksi 27 scudetto, sembilan Coppa Italia dan dua piala Liga Champions. Sementara Milan meraih 17 scudetto, lima Coppa Italia dan tujuh piala Liga Champions. Inter memang juga sudah meraih 17 scudetto, tapi satu gelar yang didapatkan adalah pemberian Juventus akibat kasus calciopolli. Tak salah jika wakil presiden Milan Adriano Galliani meminta julukan ‘Derby d’Italia’ disematkan dalam bentrokan ini. Galliani juga menyebutkan jika pemenang duel ini adalah tim yang mampu menyaingi Inter dalam perebutan scudetto, Jumat (8/1/10).

Tentunya pecinta sepak bola menunggu-nunggu pertempuran tersebut. Apalagi posisi kedua klub tidak bersela, dengan Milan di peringkat dua dan Juve di tempat ketiga. Milan dengan koleksi 34 poin dan Juve 33 angka, pastinya bukan jarak yang jauh. Karena itu kemenangan ini sangat menentukan bagi keduanya.

Rossoneri memang mengawali musim ini dengan terseok-seok. Namun seiring jalan, mereka sudah kembali ke jalur kemenangan. Kelihatannya racikan Leonardo sangat jitu untuk merubah performa Milan belakangan. Dalam pertandingan awal tahun 2010 Rabu lalu, Milan tampil perkasa dengan melibas Genoa 5-2.

Sementara Nyonya Tua mengakhiri tahun 2009 dengan terpuruk. Bahkan pasukan Ciro Ferrara juga harus rela tersingkir dari perebutan tropi Liga Champions. Tentunya kemenangan 2-1 di kandang Parma menjadi modal penting untuk meningkatkan moral Alessandro Del Piero dan kawan-kawan.

Namun kemenangan 2-1 atas Parma masih belum bisa membungkam kritik publik Turin atas penampilan Bianconeri. Karena itu mereka harus menang saat menyambut anak-anak San Siro ini. Terutama juga menyangkut karier Ferrara yang masih dalam pengawasan direktur baru Roberto Bettega. Jika Juve kalah bisa jadi Ferrara harus bergegas angkat koper dari Turin. (BL/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s