Ghana kandaskan tuan rumah

Luanda (ANTARA News) – Ghana menghancurkan Angola di Perempat Final Piala Afrika dengan 1-0 pada hari Minggu sekaligus menjaga peluang mereka menjadi kampiun yg ke-5 kalinya.

Adalah Asamoah Gyan yang mencetak gol tunggal  untuk ke semi final di mana mereka akan menghadapi pemenang pertandingan hari Senin di Lubango antara Zambia dan Nigeria.

Pertandingan yang sangat menguras tenaga skuad Black Star ini sebenarnya tidak begitu banyak memiliki peluang, paling tidak hanya tembakan Manucho yang sedikit melambung di atas mistar gawang yang dijaga Carlos.

padahal sebelum pertandingan dimulai, pelatih Jose Manuel  baru saja mengalami masalah pribadi  ketika ayahnya, yang berusia sembilan puluhan, meninggal.

“Aku harus terbang kembali ke Portugal sekarang untuk menghadiri pemakaman ayahku yang telah meninggal,” katanya pada konferensi pers .
sebelum pertandingan dimulai.
Sebelum meninggalkan Stadion 11 November, Jose memberi harapan kepada para pemainnya.

“Mereka meninggalkan kompetisi ini dengan kepala terangkat tinggi,” kata Jose. 

“Saya bangga menjadi pelatih mereka, mereka melakukan segala sesuatu yang mereka bisa, tapi Ghana mencetak dengan kesempatan pertama mereka. Satu-satunya hal yang kita yang hilang adalah tujuan.”

Pelatih ghana Milovan Rajevic mengatakan bahwa meskipun pemogokan awal sudah membela tugas berat seperti timah tipis.

“Untungnya kami mencetak gol lebih awal, kemudian mencoba membela dan kontra-serangan. Itu sulit, tapi kami melakukannya, sekarang kita akan mencerna menang dan berpikir tentang semifinal besok (Senin),” katanya.

Jose menyambut kembali bek Stelvio dari suspensi dan tujuan tiga pahlawan Flavio dari cedera untuk bergabung Manucho di depan.

Ghana, kehilangan pemain bintang rakit termasuk Michael Essien, membuat satu perubahan dari terakhir mereka habis, Mathew Amoah membuat jalan bagi Qatar gelandang berbasis Opoku Agyemang.

Satu menit diam untuk kedua Jose ayah dan para korban gempa Haiti didahului pernah kompetitif ini pertemuan pertama antara kedua negara Afrika barat.

Pada 16 menit 50.000 partisan sebagian besar penonton terdiam lagi sebagai Kwadwo Udinese Asamoah disulap rapi untuk melepaskan Gyan lewat bawah kanan, striker Rennes balap oleh Skipper Angola Kali menembak penjaga masa lalu Carlos Fernandes.

Hanya baik goalline menyelamatkan dari Angola membantah Kingson menyamakan kedudukan pada setengah jam.

Bahaya muncul ketika Flavio zip bawah kanan, menyeberang untuk Manucho untuk pulang dengan sumbat Wigan memblokir bola dengan tubuhnya.

Gyan tujuan kedua dilarang di Aljazair 33 menit saat wasit Muhamad Benouza menariknya untuk offside.

Flavio-Manucho yang menunjukkan seharusnya telah menghasilkan gol satu menit dari istirahat, tapi Kingson’s refleks menyelamatkan dari jarak dekat dan Manucho miskin miscue atas kayu disimpan Ghana.

Jose masuk ke interval menggaruk-garuk kepala dan ragu-ragu sebagai penggemar mendengarkan dari speaker stadion Black Eyed Peas ‘mengklaim bahwa’ malam ini akan menjadi malam yang baik “.

Angola gelandang Ayub mendapat sambutan hangat ketika ia datang untuk Stelvio sebelum jam dan salib-Nya dari sebelah kanan pintu masuk lama setelah hampir mengarah ke menyamaratakan tapi Manucho’s header dari di depan gawang pergi tinggi.

Angola telah hampir semua kepemilikan di paruh kedua dan itu menempatkan bersama beberapa licin menyerang bergerak di kedua sisi Ghana yang impresif namun diselenggarakan perusahaan backline waktu dan waktu lagi.

Jauh di injury time hanya Kali Kingson untuk mengalahkan tapi ia gagal membuat kontak yang tepat dan bola yang lepas, merayap ke arah tujuan, dibersihkan oleh Hoffenheim pembela Vorsah Ishak.    (SW/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s