The Macz Man tuntut pembuatan Stadion baru di Makassar

Kelompok suporter terbesar PSM, The Macz Man, menuntut pengadaan anggaran untuk pembuatan stadion baru bagi PSM Makassar. Desakan tersebut disampaikan dalam diskusi memperingati ulang tahun ke-9 The Macz Man di Makassar.

Juru bicara The Macz Man, Andika menegaskan, Stadion Andi Mattalatta yang menjadi homebase tim Ayam Jantan dari Timur ini kondisinya sudah tidak layak. Sebab, kondisi stadion yang dibangun sejak 53 tahun lalu itu sudah sangat memprihatinkan.

“Salah satu bagian bangunan menjadi kandang ayam. Apakah itu bisa dikatakan layak. Sangat membuat malu jika menjamu kesebelasan lain,” kata Andika kepada wartawan, Senin 1 Februari 2010.

Selain menjadi kandang ayam, supoter The Macz Man juga mencatat sekitar 50 item yang memperkuat desakan agar membangun stadion baru. Seperti sejumlah pagar pembatas lapangan dalam kondisi bolong, serta beberapa bangunan yang pecah.

“Pecahan-pecahan batu itu memicu kericuhan. Sebab, penonton berpeluang untuk melakukan pelemparan ke lapangan saat kecewa dengan penampilan PSM,” tegasnya.

Kondisi lainnya yang cukup fatal adalah kapasitas Stadion Mattoanging, nama sebelum Andi Mattalatta, sudah tidak bisa menampung para penggila bola PSM Makassar. Sebab, stadion tersebut hanya bisa menampung penonton sekitar 25 ribu orang. Sedangkan para penonton PSM setiap kali tampil, kata Andika, lebih dari 30 ribu orang.

Lebih jauh, suporter ini mengaku cemburu dengan sejumlah daerah lainnya yang begitu memperhatikan sepakbola mereka dengan mendirikan stadion yang layak digunakan. Seperti Papua, Sumatera Selatan serta Jawa Timur. Kekecewaan tersebut beralasan, karena mereka menganggap, salah satu keberhasilan sebuah tim adalah memiliki stadion yang bagus.

Andika menegaskan, The Macz Man akan terus menghidupkan wacana pembuatan stadion baru bagi PSM hingga betul-betul terealisasi. “Kami sedih, sudah puluhan tahun Makassar tertinggal dari daerah lain. Untuk bisa menjadi tim besar, perlu ada stadion baru,” kuncinya.   (VN/MG)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s