Bantai Palermo 4-1, AS Roma kembali geser Milan

AS Roma menunjukkan keperkasaannya dengan membantai Palermo di kompetisi Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu (14/2) dinihari WIB. Kemenangan 4-1 atas Palermo mengantarkan Roma kembali posisi kedua. Mereka menggeser AC Milan yang sehari sebelumnya mengalahkan Udinese 3-2.

Roma memang langsung menyerang dan menekan pertahanan Palermo. Bahkan saat pertandingan baru berjalan delapan menit, tuan rumah sudah nyaris membobol gawang lawan.

Bermula dari umpan Francesco Totti kepada Rodrigo Taddei. Sayangnya, tendangan Taddei terlalu lemah sehingga masih bisa diamainkan oleh kiper Salvatore Sirigu.

Palermo sempat berbalik menekan pertahanan Roma. Mereka mengancam gawang tuan rumah saat striker Fabrizio Miccoli mendapat umpan silang dari Fabio Simplico. Namun, tendangan Miccoli masih melambung.

Setelah mendapat ancaman dari Miccoli, Roma memegang kendali permainan sepenuhnya. Mereka mengurung pertahanan lawan. Hanya, lemahnya penyelesaian akhir membuat Roma tak mampu mencetak gol.

Serangan bergelombang dari Roma akhirnya membuahkan hasil saat Matteo Brighi membobol gawang Palermo pada menit ke-33. Ia berhasil menyelesaikan sepak pojok dari Totti meski tendangan volinya sempat mengenai bek Palermo Cesare Bovo sehingga bola sedikit berbelok arah.

Sejak gol tersebut, pertahanan Palermo memang sedikit melemah. Namun, mereka sempat mengancam gawang Roma saat striker Edinson Cavani mendapat peluang. Hanya, tendangan striker asal Uruguay ini bisa diselamatkan oleh kiper Julio Sergio.

Di babak kedua, Totti ditarik dan digantikan Julio Baptista. Masuknya striker Brasil ini menjadikan serangan lebih menggigit.

Strategi pelatih Claudio Ranieri memasukkan Baptista ternyata membuahkan hasil. Ia mencetak gol setelah menerima umpan dari Brighi pada menit ke-53.

Tak lama kemudian giliran Brighi yang mencetak gol keduanya sekaligus memantapkan keunggulan Roma menjadi 3-0. Gol Brighi tercipta melalui umpan silang Motta pada menit ke-62.

Palermo mendapat kesempatan memperkecil ketinggalan saat mendapat hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Javier Pastore di daerah terlarang pada menit ke-80. Eksekusi penalti diselesaikan dengan baik oleh Miccoli.

Gol tersebut tak mempengaruhi performa Roma. Mereka masih bisa menambah gol melalui John Arne Riise pada menit ke-83. Gol itu sekaligus menutup kemenangan Giallorossi.     (GC/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s