Amauri menangkan Juve di Arena Stadium

Kemenangan yang sangat berarti bagi Juventus. Dan, striker Amauri menjadi bintang kemenangan Juve saat menaklukkan Ajax Amsterdam 2-1 dalam pertandingan pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion ArenA, Jumat (19/2) dinihari WIB.

Kemenangan makin penting karena diraih di kandang lawan. Pasalnya,Juve hanya butuh hasil imbang pada pertemuan kedua yang digelar di kandang sendiri. Sebaliknya, Ajax harus menang minimal 2-0 untuk menyingkirkan Juve. Parahnya, mereka terpaksa kehilangan striker Luis Suarez karena akumulasi kartu kuning.

Ajax mengawali pertandingan dengan sangat bagus. Mereka menunjukkan dominasinya. Duet Gregory van der Wiel dan Luis Suarez mampu membahayakan pertahanan Juventus.

Gol Ajax juga tercipta dalam tempo yang tidak terlalu lama. Tuan rumah berhasil membobol gawang Juve yang dikawal Gianluigi Buffon pada menit ke-16. Berawal dari kegagalan Diego melakukan set piece. Bola yang dikuasai pemain Ajax kemudian dibawa oleh Miralem Sulejmani.

Dia melakukan solo run. Setelah melewati bek Jonathan Zebina, Sulejmani melepaskan tendangan kaki kiri melewati kedua kaki Buffon.

Juve berpeluang menyamakan kedudukan satu menit kemudian saat Diego melepaskan umpan dari sayap kiri. Namun, sundulanGiorgio Chiellini yang menyambut bola dari Diego gagal membuahkan gol.

Selanjutnya, giliran Diego yang mendapat peluang bagus di menit ke-26. Melalui kerjasama yang apik dengan Alessandro del Piero, ia melepaskan tendangan ke gawang. Namun, kiper Maarten Stekelenburg masih bisa mengamankannya.

Setelah berkali-kali gagal, serangan Juve akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-31. Berawal dari umpan Del Piero kepada Paolo De Ceglie yang kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang Ajax. Amauri tak melakukan kesalahan. Umpan matang itu diselesaikan dengan baik oleh striker Brasil ini.

Dalam kedudukan imbang 1-1, pertandingan makin memanas. Suarez beberapa kali sempat merepotkan pemain belakangBianconeri. Selanjutnya, Jan Vertonghen juga sempat mengancam gawang Juve melalui sundulannya.

Ajax kembali meminta hadiah penalti saat Chiellini menarik kostum Suarez. Namun, wasit Ivan Bebek membiarkan insiden itu.

Juve mendapat peluang melalui tendangan bebas yang dilakukan Del Piero pada menit terakhir babak pertama. Namun, tendangannya masih melebar.

Di babak kedua, Juve melakukan pergantian pemain. PelatihAlberto Zaccheroni memasukkan Zdenek Grygera yang menggantikan Zebina. Dengan demikian, formasi berubah menjadiback four.

Pertandingan baru berjalan 30 menit, gawang Juve sudah terancam. Beruntung, tendangan voli Urby Emanuelson hanya melintas di depan gawang. 

Meski sempat mendapat tekanan, namun Juve justru berhasil unggul. Amauri untuk kedua kalinya membobol gawang Ajax pada menit ke-58. Ini bermula dari kerjasama yang apik antara De Ceglie dan Del Piero.

Kali ini, De Ceglie mengirim umpan kepada Del Piero. Kapten Juve ini kemudian melepaskan umpan silang yang disambut oleh Amauri. Sundulan Amauri kembali mengoyak gawang tuan rumah.

Dalam posisi tertinggal, Suarez melakukan kesalahan terhadap Grygera. Akibatnya, ia dikartu kuning dan harus absen di pertandingan kedua.

Ajax makin meningkatkan serangannya selama paruh terakhir babak kedua. Setidaknya, Siem De Jong memiliki tiga peluang bagus yang gagal membuahkan gol. Demikian pula upaya dari Suarez juga masih gagal.

Apes bagi pemain veteran Juve Hasan Salihamidzic yang melakukan pelanggaran keras di menit terakhir. Ia dikartu merah dan terpaksa absen di laga kedua.                                                 (GC/MG)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s