Preview: CSKA Vs Sevilla FC

Ini merupakan kali keduanya CSKA Moscow tampil di perdelapan final Liga Champions. Sementara bagi Sevilla adalah untuk pertama kalinya lolos ke tahap ini.

Sebelumnya CSKA juga sudah pernah bertemu dengan tim asal Spanyol, Barcelona dan Deportivo. Bertarung dengan Bercelona musim 1992/93, CSKA mampu mengimbangi 1-1 saat digelar di Rusia, namun mereka gagal memetik kemenangan ketika bermain di Camp Nou (3-2). Sementara bertemu dengan Deportivo, CSKA menang 3-0 di Moscow dalam hajatan Piala UEFA musim lalu.

Kini mereka dihadapkan dengan Sevilla yang juga merupakan tim asal Divisi Primera, Rabu (24/2). Tentunya, pengalaman sebelumnya saat menghadapi tim matador lain, akan menjadi modal penting CSKA saat menjamu Sevilla di babak 16 besar Liga Champions.

Sementara klub Andalusia itu hanya sekali menang dalam empat lawatannya ke Rusia saat mereka melakoni Piala UEFA. Sudah pasti Manolo Jimenez tidak menginginkan kenangan buruk itu kembali terulang di Liga Champions ini.

Di fase persaingan group Luis Fabiano dan kawan-kawan memenangi lima pertarungan dari tujuh penampilan terakhir di Liga Champions. Sedang CSKA mengemas dua kemenangan kandang dari tujuh pertarungan yang dilakoni di ajang Champions.

Bertarung di Stadion Luzhniki sudah pasti menjadi keuntungan tersendiri bagi CSKA. Klub yang kerap dipanggil ‘Koni’ bakalan mendapat dukungan penuh dari para pendukung. Terlebih kondisi cuaca dingin yang menyelimuti Moscow akan menjadi bantuan untuk menumbangkan tamu yang belum beradaptasi penuh dengan kondisi lingkungan.

Namun Sevilla juga diuntungkan dengan kompetisi yang masih berjalan di Liga Spanyol, sehingga penampilan para pemain tetap terjaga. Sementara Liga Rusia saat ini masih belum dimulai. Terakhir kali CSKA bermain pada Desember lalu ketika menang 2-1 atas Besiktas di Istanbul.

Tim yang finih di urutan keempat liga domestik musim ini akan memainkan pemain kuncinya Berezutsky, Alexei dan Sergei Ignashevich yang sebelumnya mendapat sanksi dari UEFA akibat kasus doping. Namun seiring fakta yang ditemukan Komisi Disiplin UEFA belakangan, bahwa mereka hanya menjadi korban kesalahan prosedur yang dilakukan para staf medikal klub. Akhirnya UEFA mencabut hukuman yang dijatuhkan.

Di Liga Primera, Sevilla juga tidak kalah hebat dari CSKA. Saat ini mereka menapak di peringkat empat klesemen. Kemenangan atas Real Mallorca akhir pekan kemarin menjadi modal penting saat berkunjung ke Rusia.

Sayangnhya, Sevilla harus kehilangan jagoan depannya, Luis Fabiano beserta pemain sayap Diego Capel akibat cedera. Beruntung, Frederic Kanoute dapat tampil setelah pemain depan Mali itu mengatasi cedera otot yang membuatnya harus istirahat minggu lalu.

Dengan statistik yang relatif imbang, hasil imbang layak disematkan dalam pertarungan ini, dengan prediksi skor, 1-1, 1-0, 0-1 dan 2-1. (hsn)

Perkiraan line up:

CSKA Moscow: -Igor Akinfeyev; -Vasily Berezutsky, -Sergei Ignashevich, -Alexei Berezutsky, -Georgy Shchennikov; -Deividas Semberas, -Keisuke Honda, -Mark Gonzalez, -Milos Krasic, -Pavel Mamayev; -Tomas Necid.

Sevilla: Andres Palop; Marius Stankevicius, Federico Fazio, Ivica Dragutinovic, Fernando Navarro; Jesus Navas, Ndri Romaric, Didier Zokora, -Diego Perotti; Frederic Kanoute, Alvaro Negredo.

(BL/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s