Cukur Go Ahead 6-0, Ajax ke Final Piala Belanda

Ajax akhirnya memastikan diri tampil ke partai puncak Piala Belanda setelah mencukur klub dari Divisi Dua Go Ahead Eagles 6-0 di De Adelaarshorst, Jumat (26/3) dinihari WIB. Di final, Ajax bertemu Feyenoord yang telah memastikan diri lebih dulu sehari sebelumnya usai mengalahkan Twente.

Tampil di depan publiknya sendiri, Go Ahead Eagles seperti mengalami anti-klimaks penampilan. Jika sebelumnya mereka telah berhasil memperlihatkan sejumlah kejutan dengan mengalahkan beberapa klub dari Divisi Utama, maka penampilan berbeda terlihat saat menjamu klub raksasa asal Amsterdam ini.

Di babak pertama, Go Ahead langsung mengalami dua kali kebobolan. Demy de Zeeuw mengawali pesta gol Ajax di menit ke-11. Kemudian striker asal Serbia Marko Pantelic menggenapkannya pada menit ke-38. Keunggulan dua gol ini bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, Go Ahead tidak terlalu banyak membuat perubahan. Sebaliknya pelatih Ajax Martin Jol juga tidak mau lengah menghadapi kebangkitan lawannya. Di babak ini, Jol tetap memberikan instruksi kepada pemainnya untuk tetap agresif menekan pertahanan lawan.

Hasilnya di babak kedua ini Ajax kembali lagi memperoleh gol. Tak tanggung-tanggung, empat gol berhasil dicetak dalam tempo sepuluh menit.

Pesta empat menit itu diawali oleh pemain muda berbakat Ajax Siem de Jong di menit ke-75. Selang dua menit kemudian giliran pemain muda energik asal Denmark Christian Eriksen membobol gawang Go Ahead. Gol ke gawang Go Ahead ini merupakan yang pertama dicetak oleh pemain yang kini tengah menjadi incaranArsenal dan Barcelona ini.

Selanjutnya di menit ke-79, Dennis Rommedahl tidak mau ketinggalan juga untuk merayakan pesta kemenangan Ajax ini. Gol ini dicetak Rommedahl hanya selang sembilan menit dirinya tampil ke lapangan usai menggantikan Pantelic di menit ke-70.

Lalu sebagai penutup gol dari pesta kemenangan Ajax adalah gelandang muda asal Uruguay Nicolas Lodeira Benitez saat lima menit jelang berakhirnya waktu normal. Lodeira ini juga diturunkan Jol sebagai pemain cadangan. Ia mencetak gol ke gawang Go Ahead itu hanya dalam tempo tujuh menit setelah dimasukkan ke lapangan.                                                       (GC/MG/rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s