Alfred Riedl: Malaysia sudah berbeda..!

Kendati Indonesia sempat membantai Malaysia 5-1 di babak penyisihan Grup A beberapa waktu lalu, namun itu bukan jaminan Indonesia akan kembali menggulung tim tetangga itu dalam partai final Piala AFF yang berlangsung 26 dan 29 Desember ini.

Pelatih Indonesia Alfred Riedl meminta kepada Firman Utina dan kawan-kawan untuk tidak bersenang-senang dulu setelah merebut tiket ke final berkat kemenangan 1-0 (agregat 2-0) atas Filipina, Minggu (19/12), tetapi sebaliknya, harus langsung menyiapkan diri dan berkonsentrasi penuh menghadapi Malaysia.

Menurut Riedl, tim Malaysia yang dihadapi nanti berbeda dengan Malaysia yang dikalahkan Indonesia pekan lalu. Mereka kini makin solid dan lebih percaya diri setelah berhasil menumbangkan tim kuat dan juara bertahan Vietnam dengan agregat gol 2-0 di semifinal.

“Mengenai Malaysia, kemarin saya tidak terlalu memikirkan apa yang mereka lakukan. Saya baru menyaksikan dari televisi. Saya hanya fokus pada tim ini. Tetapi, mulai saat ini, saya meminta kepada seluruh pemain untuk langsung fokus,” ungkap Riedl kepada wartawan usai memimpin timnya meraih kemenangan atas Filipina 1-0 dalam laga semifinal leg kedua di Gelora Bung Karno kemarin.

“Peluang kami 50:50. Kita memang pernah mengalahkan Malaysia 5-1 pada babak penyisihan lalu. Namun, Malaysia saat ini sudah berbeda,” tambahnya.

Terkait penampilan pasukannya, Riedle mengatakan masih ada satu dua kelemahan yang perlu diperbaiki menjelang partai final nanti. Salah satu kelemahan itu adalah para pemain kita sering grogi ketika ditekan lawan, dan itu terlihat dalam 20 menit terakhir lagakemarin.

“Para pemain harus bisa mengontrol rasa gugupnya seperti yang terlihat dalam 20 menit terakhir laga kemarin. Pemain lebih sering membuang bola ke luar lapangan, padahal situasi tidak terlalu berbahaya. Mereka seperti tertekan dan tidak bisa tampil lepas,” kata Riedle.

Walau begitu dia mengakui kalau pertandingan melawan Filipina merupakan partai terberat Indonesia. Lawannya itu memiliki keunggulan fisik dan teknik. Itu yang membuat pemain Indonesia sedikit terlihat gugup saat ditekan di menit-menit akhir.

“Tadi adalah pertandingan terberat bagi kami. Mereka sangat kuat dan tinggi. Sepak pojok dan lemparan ke dalam mereka cukup berbahaya dan sering merepotkan pertahanan kami,” kata pelatih asal Austria ini.
(Gibol/MG/Rex)

Advertisements

One comment on “Alfred Riedl: Malaysia sudah berbeda..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s