PIALA ASIA : Uzbekistan sikat Kuwait 2-1

Kuwait dipastikan tersingkir

Uzbekistan membuka peluang lolos ke babak Delapan Besar Piala Asia 2011 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait dalam pertandingan keduanya di Grup A di Stadion Al Gharafa, Rabu [12/1] malam WIB.

Dengan hasil itu, Uzbekistan untuk sementara memuncaki klasemen dengan nilai enam dari dua kemenangan. Sedangkan Kuwait menempati posisi juru kunci tanpa mengoleksi nilai setelah sebelumnya dikalahkan Cina 2-0. Dengan demikian, Kuwait menjadi tim pertama yang tersingkir.

Posisi klasemen masih bisa berubah tergantung dari pertandingan antara tuan rumah Qatar melawan Cina yang berlangsung beberapa jam setelah duel Uzbekistan versus Kuwait. Jika Cina memenangi duelnya, maka wakil Grup A ke Delapan Besar sudah pasti diambil tim Negeri Tirai Bambu itu dan Uzbekistan.

Pada pertandingan terakhirnya, Uzbekistan akan menghadapi Cina, sementara Kuwait melakoni duel melawan Qatar.<script type=”text/javascript” src=”http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=2;sz=160×600;ord=11299?area=2l&pos=2&ord=11299″></script>

Kuwait mengawali laga dengan bagus dan mampu memberikan tekanan di daerah pertahanan Uzbekistan. Namun, peluang yang diperoleh tim dari jazirah Arab ini gagal dikonversi menjadi gol.

Setelah bermain imbang selama lebih dari setengah jam, akhirnya Uzbekistan unggul lebih dulu pada menit ke-41. Tendangan bebas Masim Shatskikh yang membentur Azizbek Haydarov menjebol gawang Kuwait. Hadiah tendangan bebas diberikan setelah Alexander Geynrikh dijatuhkan pemain belakang lawan.

Di babak kedua, Kuwait mencoba memperbaiki performanya. Tekanan demi tekanan dilakukan untuk mengejar defisit satu gol dari Uzbekistan. Upaya itu membuahkan hasil tiga menit kemudian.

Pelanggaran terhadap Walied Ali di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Bader al-Mutwa yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk menyamakan kedudukan.

Namun kelengahan barisan Kuwait dalam membendung serangan Uzbekistan berbuah pahit. Gawang Kuwait untuk kali kedua dibobol Uzbekistan melalui Server Djeparov yang menerima umpan silang dari pemain pengganti Jasur Khasanov pada menit ke-64.

Kembali tertinggal dari lawannya membuat Kuwait tidak punya pilihan lain kecuali meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan, atau bahkan unggul dari Uzbekistan guna menghidupkan peluang lolos ke 16 Besar.

Sejumlah peluang berhasil diperoleh Kuwait, salah satunya melalui Ahmad Ajab yang berdiri bebas di daerah pertahanan Uzbekistan pada menit ke-81. Namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Kendati telah mekukan tekanan hebat ke pertahanan Uzbekistan, Kuwait tetap tidak mampu menjebol gawang lawannya, sehingga pertandingan pun diakhiri dengan skor 2-1 untuk kemenangan Uzbekistan.

(GC/MG/Rex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s